dandelion

Kamis, 30 September 2010

Mencoba lagi belajar Fikih

(at, 4 Agustus 2010)

hari ini belajar fikih,.gaara-gara liat adek sepupu belajar jadi pengin baca2 bukunya. Kebetulan adek sekolah di MI, sekolah negeri tapi islam. Dan dari buku dan materi yang dia pelajari aku bercita – cita menyekolahkan putra-putri sholeh n sholehah ku ke sana. Soalnya bener-bener penting.

Kebanyakan orang-orang di indonesia pasti mnginginkan putra-putrinya masuk sekolah negeri. Apalagi yang favorit. Namun kini menurut paendapat saya pribadi lebih baik memasukkan putra-putrinya ke sekolah islam. Sebagai dasar atau landasan putra putri yang muslim. Apalagi kalau orangtuanya kurang begitu faham akan islam, lebih baik menitipkan anaknya ke pendidikan yang islami. Agar landasan tauhidnya kuat.

Subhanallah, baru kali ini saya sadar. Dulu paradigma saya masih sama dengan yang lain. Yang penting sekolah negeri. Sudah murah pasti bagus. Padahal belum tentu. Setelah saya membaca materi dan pelajarn yang diajarkan, saya jadi semakin mantap kelak anak2 sya sekolahkan ke sekolah islam atau MI. Kalau pun terpaksanya tidak bisa saya harus memberikan pelajaran yang sama dengan yang di berikan sekolah islam diusianya.

Sungguh setelah membaca buku buku pelajaran tentang fikih, al quran dan al hadist, saya benar benar merasa ini sungguh sangat penting. Semoga sekolah islam atau setingkat MI, dapat lebih meningkatkan citra nya dimata masyarakat. karena materinya penting untuk membentuk pribadi yang islami. Ini bukannya promosi atau mendeskriditkan salah satu diantaranya, tapi melihat kepentingan, kebutuhan dan keadaan saat ini. Coba bayangkan, saya masih ingat benar pelajaran agama islam saya di sekolah negri yang hampir mirip dengan pelajaran PPKn. Hanya banyak tulisan arabnya saja. Malah tergolong susah memahaminya. Padahal kalau di MI atau sekolah islam. Pelajaran agama itu dipisah lagi, ada tentang fikih, al quran al hadist dan lain-lain. Dan itu penting. Dulu kalau pelajaran agama saat SD saya rasa belum cukup mendalam mempelajari tentang islam. Coba saja dibandingkan.

Saat menulis catatan ini, saya sedang membuka buku fikih kelas 2 MI. Isinya tentang Shalat fardu. Sedikit mengulang saya coba baca baca, ada syarat wajib shalat, syarat sah shalat dan rukun shalat. Coba qt diminta memaparkan semuanya lengkap, mungkin masih ada yang tertinggal lupa- 1 atau 2 bagian,,,

· syarat wajib shalat : islam, baligh, berakal, bersih dr hadas besar dan kecil, dakwah islam sudah sampai kepadanya

· syarat sah shalat : bersih dari hadas besar dan kecil ; bersih badan pakaian dan tempat dari najis ; menutup aurat ; telah masuk waktu shalat ; menghadap kiblat ; mengetahui tata cara shalat ; meninggalkan perbuatan yang membatalkan shalat.

· rukun shalat : niat, takbiratulihram, membaca al fatihah, rukuk, iktidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, duduk tasyahud akhir, salam, tertib

(Pengantar Fikih 2, Tiga Serangkai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar